Beranda > Kreasi unik > Cara Membuat Kreasi Rumah Unik dari Kardus Bekas

Cara Membuat Kreasi Rumah Unik dari Kardus Bekas


Nah guys n girls,…. beberapa waktu yang lalu kan udah di kasih tau cara bikin kreasi unik buku dari kardus bekas.. skarang Giestuff mo kasih tau cara mengembangkan keterampilan dasar tersebut ke next level. pengembangannya guampang buanged. cuma butuh tingkat ketelitian yang lebih sama imajinasi yang lebih juga (gak lebih-lebih amat sih).
yang jelas kalo kamu bikinnya sabar, pasti hasilnyapun memuaskan. dan jangan lupa! nilai jualnya pun bakal lebih tinggi. ya lumayan lah kalu cuma buat beli BB baru.

ini dia, kita mulai ya…!

Alat nya seperti biasa
-Gunting
-Cutter
-Penggaris
-Pulpen
-Pinsil
-Penghapus
-Lem Kayu

Bahannya juga hampir sama
-Kardus bekas yang masih bagus (gak basah, sobek, terlipat dll)
-Plastik transparant. jumlahnya tergantung dari jumlah jendela yang mau dibikin.

Proses Persiapan Design Rumah (Skema)
Kita bisa membuat skema dari rumah kita sendiri atau bisa dengan mudah kita dapatkan dengan cara browsing gambar di internet. yang penting kita pilih gambar yang agak lengkap dengan mencantumkan ukuran yang sebenarnya. contohnya skema seperti di bawah ini.

nah gambar di atas akan memudahkan kita untuk membuat kreasi rumah kita jadi lebih mudah. ukuran panjang dan lebar ruangan menjadi patokan kita untuk menentukan besar kardus yang akan kita gunakan sebagai bagian alas.
jangan lupa, kita mungkin harus menyesuaikan skema dari yang aslinya juga, sesuai dengan kebutuhan. contoh saya buat kreasi rumah saya dengan menggunakan skema 3:100 untuk ukuran skema asli (6 : 100). itu artinya saya hanya membutuhkan panjang 3cm untuk pengganti ukuran asli 100cm dari yang seharusnya 6cm untuk perbandingan 100cm. Hal ini ditujukan untuk menghemat bahan yang akan kita gunakan. sekali lagi, tergantung berapa ukuran yang kita butuhkan untuk menggantikan ukuran aslinya tersebut.

Untuk Pembuatan Dinding
gunakan pisau cutter dengan mata pisau yang benar-benar tajam. kita mulai dengan menyiapkan kardus (untuk skema 3:100) lalu memotong bahan kardus menjadi bagian-bagian dinding secara terpisah yang terdiri dari tinggi dan lebar dari dinding saja.

Perekatan
Untuk bagian ini gunakan lem kayu dan jangan lupa ketelitan dan kerapihan, karena tingkat keseimbangan bagian-bagian ruangan akan ditentukan pada bagian ini. Bisa dilihat pada gambar

Jendela dan Pintu
bagian ini juga lumayan sulit untuk tingkatan pemula. tapi kalau terus di coba pasti bisa. Potong plastik transparan -yang biasa kita gunakan untuk presentasi- sesuai dengan ukuran jendela. lalu rekatkan pada bagian jendela dengan hati-hati. hal ini untuk menimbulkan efek kaca jendela yang sesungguhnya. untuk bagian pintu, potong kardus dengan ukuran pintu. lalu oleskan lem kayu hanya pada bagian salah satu sisinya saja, agar pintu dapat ditutup dan dibuka.

Bagian Atap
Bagian ini sebenarnya bagian yang paling mudah. soalnya hampir sama dengan proses dekorasi pada buku unik untuk menbuat efek genting.

Nah proses tersebuti baru 60% saja menuju siap dipasarkan…
berikut gambarnya:

Dekorasi
Bagian ini bisa kita masukan sebelum semua bagian atap kita rakatkan secara permanen. dekorasi dalam ruangan bisa berbentuk tangga, bak mandi, kursi, tempat tidur dan lainnya.

Anda juga bisa menjadikan atap tidak permanen dengan membuat struktur bagian atap terpisah dengan dinding rumah. seperti pada gambar dibawah:

Finishing
Nah jika semua sudah dirasa siap, yang tertinggal cuma proses pengecatan dan dekorasi tambahan. pengecatan bisa kita gunakan cat kayu dan untuk proses dekorasi tambahan seperti rumput, kita bisa gunakan potongan karpet bekas berwarna hijau atau untuk pohon, boneka, semak-semak dan binatang, kita bisa membeli di toko dekorasi atau toko bahan kue dengan harga yang sangat murah.
duuaaaannnnn wualah…

selamat Berkreasi!!!

didapat dari berbagai sumber.

About these ads
Kategori:Kreasi unik
  1. liana
    Juli 29, 2010 pukul 8:21 am

    pakai lem kayu gitu kuatkah? apa ga gampang copot nantinya

    • giestuff
      Juli 29, 2010 pukul 3:37 pm

      Udah di coba,, pake lem kayu pasti kuat. soalnya serat-serat kertas itu kan bahan dasarnya dari kayu. jadi pasti kuat.. ;-)

    • nisa
      Februari 23, 2012 pukul 11:23 am

      pasti rekat lah orang distunya pakai lem kayu

  2. silfii
    Februari 22, 2011 pukul 11:06 am

    yha mdah*n silfi dan tmen* silfi berhsil mngerjkan tgaaas..

  3. marcell
    November 23, 2011 pukul 1:39 am

    cara membuat ngenting bagaimana tho mbak

    • giestuff
      November 27, 2011 pukul 7:15 pm

      genting mungkin ya maksudnya hahaha,,,
      lapisan kardus kan ada 3 bagian. 2 bagian luar dan 1 bagian dalam (yang kalau kita pisah salah satu bagian luarnya bakal keliatan seperti genting)
      so tinggal dilepas aja salah satu bagian luarnya. thanks 4 comment

  4. marcell
    November 23, 2011 pukul 1:42 am

    dengan pilarnya terbuat dari apa.kayu atau kerdus? makasih.matur suwon

    • giestuff
      November 27, 2011 pukul 7:11 pm

      semuanya bisa dibuat menggunakan kardus. bahkan bisa sampai 90% bahannya adalah kardus. terimakasih komennya.

  5. marcell
    November 28, 2011 pukul 5:24 am

    makasih buanyak kreasi yang sangat menjanjikan karena kardus di rumah saya buayak yang nganggur. smoga bisa bermanfaat bagi saya maupun orang lain.akan saya coba.makasih mator nuwon

  6. adi alfian
    Desember 8, 2011 pukul 6:20 am

    makasih kak atas idenya

  7. maya
    Desember 29, 2011 pukul 2:20 pm

    lem kayunya mereknya ap?

    • giestuff
      Februari 19, 2012 pukul 12:34 pm

      lem fox juga bisa mba’ sorry bgt baru bisa balas.

  8. Januari 20, 2012 pukul 11:20 am

    semoga saya bisa membuat nya

  9. Januari 21, 2012 pukul 8:31 am

    degaga magamppang na yaro ga……………….??????????????????????????????

  10. Januari 21, 2012 pukul 8:34 am

    mabbai tauwe idie deeeeee

  11. Wati
    Februari 4, 2012 pukul 3:28 am

    Nice

  12. ayu
    Februari 10, 2012 pukul 5:57 am

    kerajinan sssangat bagus dan terampil

    • henida putri salsabilla
      Oktober 27, 2013 pukul 7:25 am

      AYU,KAMU BIKIN APAH BIKIN RUMAH GK?

  13. ayu
    Februari 10, 2012 pukul 5:58 am

    makasih ya yang buat kerajinan ini;

  14. wahyudi
    Februari 12, 2012 pukul 6:16 am

    cara membuat geting bagaiman?

    • giestuff
      Februari 19, 2012 pukul 12:40 pm

      cara membuat genting dari kardus sbenernya gampang banget. lapisan kardus itu kan ada 3 bagian. dua lapisan atas dan bawah dan bagian tengah (dalam) yang bergelombang. buang aja salah satu lapisan luar (atas/bawah). setelah salah satu lapisan itu dibuang, bakal kelihatan bentuk lapisan yang bergelombang seperti genting. smoga membantu. trimakasih sudah berkunjung.

  15. Pandu sukma
    Februari 13, 2012 pukul 12:12 pm

    bagaimana cara membuat sketnya………..???????
    cz saya g bisa………….

    • giestuff
      Februari 19, 2012 pukul 12:45 pm

      cara membuat sket-nya hampr sama dengan cara membuat sket untuk rumah aslinya. jika anda tidak bisa atau belum bisa melakukannya sendiri, anda bisa mencari di web yang sudah bebentuk gambar (jpg, jpeg). anda bisa print gambar tersebut dengan ukuran aslinya dan mulai membuat rancangan rumah anda.
      Tips: anda bisa berlatih dengan membuat satu ruangan terlebih dahulu. misalnya kamar tidur, ruang tamu atau kamar mandi. dengan demikian anda bisa menjadi lebih mengerti dan berkreasi dengan hasil karya anda sendiri.
      semoga membantu. terimakasih

  16. FA U ZI
    Februari 20, 2012 pukul 12:44 pm

    Ukuran kardus’nya brp…?

  17. Maret 19, 2012 pukul 11:58 am

    bgaimna cra buat pintunya?…………..!
    truz cra ngrekatkanya gy mna?……………..

    • giestuff
      Maret 26, 2012 pukul 7:58 pm

      cara buat pintu simpel aja. sama’in ukurannya dgn pintu yang ada dibagian dinding. nah, lapisan kardus itu kan ada 3. lapisan atas, tengah n bawah. lem salah satu sisi lapisannya aja. mis: sisi lapisan atas. tempel deh ke dinding kayak kita pasang engsel di pintu rumah. pasti bisa dibuka tutup pintunya…

  18. Maret 19, 2012 pukul 12:05 pm

    luarny gy mna kan klihatan kardus smbunganya?…………………….

    • giestuff
      Maret 26, 2012 pukul 7:52 pm

      kalo motongnya rapih gak terlalu keliatan koq sambungannya. dan lagi penambahan lem putih / lem kayu bisa sekaligus pelapis di bagian yang renggang. jadi pas di cat lapisan yang renggang-renggang itu ketutup rapi. selamat mencoba yaaa

  19. Maret 23, 2012 pukul 10:19 am

    wow kerenzz

    • giestuff
      Maret 26, 2012 pukul 7:50 pm

      thanks abdoel. salam kenal

  20. awey
    Maret 29, 2012 pukul 12:58 am

    lumayan bagus juga

  21. Bintang
    April 12, 2012 pukul 1:49 pm

    wwaaaa!!!! bergunaaa bangeeettt..!! kebetulan suruh buat kreasi dari barang bekas :D

  22. Faqih
    April 18, 2012 pukul 12:27 pm

    Mas,untuk kardusnya kira kira brpa bnyk?

    • henida putri salsabilla
      Oktober 27, 2013 pukul 7:24 am

      KWWWKWKWKKWKWKW

  23. giestuff
    April 23, 2012 pukul 5:13 pm

    untuk ukuran kardus tergantung dari besar kecilnya sketsa dan berapa besar anda mau membuat rumahnya… untuk banyaknya kardus biasanya saya menghabiskan 2 – 3 buah kardus txh gxlxs untuk membuat 1 rumah ukuran luas 30 x 30 cm. so,, semuanya tergantung dari berapa besar anda ingin membuatnya dan gabungkan dengan ilmu hitung-hitungan yang anda miliki..

  24. April 30, 2012 pukul 1:00 pm

    wow kreasi keren

  25. Dhea
    Mei 17, 2012 pukul 2:22 pm

    cara buat pilarnya gimana?

  26. lia
    Juni 28, 2012 pukul 9:48 am

    Ducchhh…………… susah bungeeeettt sich cara buat nya KASIH TIPS YANG LEBIH GAMPANG DOONG PLISSSCCCH……………!

  27. lia
    Juni 28, 2012 pukul 9:59 am

    GUE KASIH JEMPOL DEECCHH BAGI YANG INGIN MENCOBA ………! SELAMAT MENCOBA YACHHHHHHHH…………#

  28. agil
    Juni 29, 2012 pukul 5:26 am

    klo pake lem alteco bisa gak……..

  29. teguh
    Juli 25, 2012 pukul 10:04 am

    wuaah keren buanget……..,oy klw pake karton gmn caranya,tolong dikupas y!

  30. dika
    Agustus 26, 2012 pukul 12:33 pm

    di sertai gambar donk?????biar cepat ngertinya

  31. widi
    Agustus 31, 2012 pukul 3:14 am

    tinggi bangunannya brp ya?

  32. September 25, 2012 pukul 1:05 pm

    Terimakasih ATAS bantuan nya..
    semoga nilai GRUP kami tinggi..

  33. Oktober 11, 2012 pukul 1:06 pm

    susah amat sih cara buat ny,,,kasih tips ny yg agk mudah donk
    aq hari ini lgi di suruh guru buat keterampilan tngan dri bahan bekas

  34. Oktober 11, 2012 pukul 1:08 pm

    karton ny berapa bnyak ????

  35. Oktober 19, 2012 pukul 2:19 am

    CS gimana kalu ngelem nya bukan pake lem kayu tapi pake lem AIBON..bisa g CS

  36. anaba
    November 15, 2012 pukul 2:56 am

    waw bagus banget kl gue bisa bikin ini emazing
    kita ingin bikin ky gitu

  37. bellen novia
    November 16, 2012 pukul 6:46 am

    misal kan buat rumah drama gimana yaaaaaa………………………..

  38. bellen novia
    November 16, 2012 pukul 6:48 am

    ka kalo boleh drama natal yaaaaaaaa

  39. November 26, 2012 pukul 10:19 am

    emang harus lem kayu yah

  40. Desember 4, 2012 pukul 2:03 pm

    oooh iya mas klau lntai ya gmna ..
    trus cra nmpel klntai ya gmna smbungan dinding ya pke apa ya

  41. irfan
    Desember 6, 2012 pukul 10:31 am

    mas cara membuatnya bgmn

  42. Februari 10, 2013 pukul 6:02 am

    ya aku mau begitu buat kreasi aja

  43. dwi pratiwi
    Februari 14, 2013 pukul 10:21 am

    keren,mau coba nanti (tapi)

  44. Rizky Utami
    Februari 26, 2013 pukul 8:05 am

    kalok sekalian buat halaman nya gmana miniaturnyaa?? seperti pohonnya, batunya,?? mungkinkan kalok pagar bisalaa.
    keren(y) nice;-)

  45. Maret 17, 2013 pukul 12:35 am

    gimana bikin polanya ya????????????????????????????????????????????????????? Lost Saga new event BlokA

  46. Maret 17, 2013 pukul 12:36 am

    Cisss

  47. Maret 17, 2013 pukul 12:38 am

    WoW asikni bisa buat parkarya di sekolah nanti bisa dapet seratus

  48. retno
    Mei 8, 2013 pukul 6:58 am

    ga pake pagar?cara bikin pagar gimana?

  49. retno
    Mei 8, 2013 pukul 1:29 pm

    susah banget bikinnya XD

  50. retno
    Mei 8, 2013 pukul 1:35 pm

    Selalu aja pas mau bikin gentingnya hancur X )

  51. retno
    Mei 8, 2013 pukul 1:43 pm

    Bisa dapet 100!(tapi kalo berhasil biknnya)!!!! 8*

  52. Mei 9, 2013 pukul 2:20 pm

    thankssss,,,

    pazzz bngetz… ada Tgaz bWt rumaH pke karDus bkAs…

  53. anonymous
    Juni 16, 2013 pukul 12:55 am

    yg lu gunain lem FOX/lem kertas.. tapi lu ngerepost lem kayu.. apa kagak bisa lebih jelas dikit..

    • giestuff
      Oktober 26, 2013 pukul 3:42 am

      lem fox or yg warnanya putih itu ya lem bwt kayu sebenernya.

  54. ardhya
    Agustus 6, 2013 pukul 1:22 pm

    kerennnn……….

  55. Myegawati
    Agustus 25, 2013 pukul 4:08 am

    Bagus gambar nya, oh ya brpa jrak antar dinding yg stu dngan dinding yg lainnya,?

  56. Oktober 12, 2013 pukul 10:42 pm

    bismillah. nice, beautiful

  57. henida putri salsabilla
    Oktober 26, 2013 pukul 3:24 am

    aku udh mau bikin kreasi rumah daari kardus
    aku bikin 1 tapi di bantu orng tua heeehhehehehehehe :p
    mudh2 aku bagus bikin rumahya yang tingat ahhhh……..
    tapi nanti ada kamar tidurya sama tangga sma kamar mandi garasi dan lain-lainya
    mudh2 aku nilainya bangus gk jelek dan gk di ulng lagi aminn…………….????

  58. giestuff
    Oktober 26, 2013 pukul 3:34 am

    harus bagus donk… :) sebenernya ga ada yg susah dari cara pembuatannya. yang penting harus sabar n brani nyoba. selamat berkreasi henida.

  59. giestuff
    Oktober 26, 2013 pukul 3:37 am

    jaraknya tergantung dari skema model yang mau di buat tentunya.

  60. November 16, 2013 pukul 7:39 am

    ini buat nya lama ngk ?

  61. gingin
    November 18, 2013 pukul 9:04 am

    trimakasih. ini sangat bagus untuk tugass saya

  62. November 24, 2013 pukul 10:03 am

    yang saya ancur pas mau di pasang atap padahal kerangka nya pake lem kayu -_-

  63. Desember 10, 2013 pukul 6:39 am

    wahh keren…
    #bermanfaat ini

  64. Desember 16, 2013 pukul 1:55 pm

    bagus banget boleh coba ga ?…………….

  65. gilang
    Desember 23, 2013 pukul 8:23 am

    klou buat rumah buat kucing bisa mas/mba?
    Klou bisa, buat ajh ya!!! ;)

  66. fiz
    Januari 9, 2014 pukul 2:11 pm

    bro ada lagi gak ….ada yng pake steropong ngak…………

  67. Januari 11, 2014 pukul 3:15 pm

    Superb post however I was wondering if you could write a
    litte more on this topic? I’d be very grateful if
    you could elaborate a little bit more. Thank you!

  68. Prasetyo dali
    Januari 18, 2014 pukul 10:43 pm

    Thanks ka,
    Mudah2an hasilnya bgus. Aminnn

  69. niesa
    Januari 21, 2014 pukul 4:34 am

    waa..h unik jugga ya aq ku suka~ku suka

  70. ichal
    Januari 27, 2014 pukul 5:03 am

    kardus yg di pke bagus.y yg tebal ato tipis..

  71. Sherly amanda
    Februari 25, 2014 pukul 7:27 am

    wah…..
    Bermanfaat si…..
    Tpi kyk ny…
    Susah !!
    add yg sedrhna lge gk !!

  72. Maret 5, 2014 pukul 9:38 pm

    Every weekend i used to pay a quick visit this site,
    for the reason that i want enjoyment, as this this site conations truly nice funny information too.

  73. April 13, 2014 pukul 8:01 am

    Halo kami dari komunitas pecinta mainan miniatur. Izin co-pas untuk pengetahuan anggota komunitas ya,…(sebenarnya sudah lama) dan sudah kita sebutkan sumbernya dari sini. Tks gan.>>

  74. April 20, 2014 pukul 5:38 am

    lem goat bisa

  75. ewan
    Mei 10, 2014 pukul 1:30 pm

    halo aku ewan umurku 8 tahun aku udah buat 1 rumah-rumahan makasih ya kak udah di ajarin

  76. rara mulya
    Mei 12, 2014 pukul 10:13 am

    kak kmi yg atap, dinding, jendela, pintu dah ngerti tapi yg buat dekorasinya itu belum ngerti misalnya lemari, kasur, bak mandi, tangga, kursi dan lain2. gmna kak caranya

    • giestuff
      Mei 16, 2014 pukul 11:56 am

      boleh, nanti saya buatkan tutorial nya ya, cara membuat mini furniture dari kardus bekas.. gampang kok.

  77. Fauzi
    Mei 13, 2014 pukul 6:51 am

    Siapa yg bisa ajari ak buat rumah dri krdus

  78. Mei 15, 2014 pukul 4:53 am

    Hey there! Quick question that’s completely off topic. Do you know how to make
    your site mobile friendly? My web site looks weird when browsing
    from my iphone. I’m trying to find a template or plugin
    that might be able to resolve this problem. If you have any
    suggestions, please share. Thank you!

    • giestuff
      Mei 16, 2014 pukul 12:01 pm

      hi Site, well actually its easy. i just set the theme. i choose Alex King’s theme which has mobile and website look. so if someone visiting my page using mobile, its automatically set to be viewed for mobile. try them. choose a right theme for yr web.

  79. herbet
    Juni 2, 2014 pukul 10:18 am

    apakah boleh dishare contoh gambar skema rumahnya?

  80. Juni 4, 2014 pukul 9:59 pm

    They can form on those with bigger tonsils or those that produce too much oral bacteria.
    There are many myths that have been floating around the internet about
    cures for tonsil stones. With the help of a good mouth wash you can not only curtail the bad breath problems but can also diminish the influence of
    tonsil stones.

  81. nuril
    September 8, 2014 pukul 11:25 am

    gimanasih caranya membuat rumah rumahan bahan dasar tripleks di internet susah banget di cr ?

  82. m hadi pramana
    Oktober 3, 2014 pukul 3:21 am

    kak ada kreativitas rumah limas beserta bahannya

  1. Oktober 27, 2014 pukul 5:01 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: